Minggu, 11 Desember 2011

Makalah Aklimatisasi


BAB I
PENDAHULUAN

AKLIMATISASI
Sebagai makhluk hidup yang diciptakan Tuhan sempurna dari makhuk hidup lainnya, di beri kemampuan berpikir dan menyesuaikan hidup di lingkungan yang berbeda-beda. Banyak cara dalam aklimatisasi yang bisa dilakukan makhluk hidup untuk bertahan hidup.Aklimatisasi merupakan suatu upaya penyesuaian fisiologis atau adaptasi dari suatu organisme terhadap suatu lingkungan baru yang akan dimasukinya. Hal ini didasarkan pada kemampuan organisme untukdapat mengatur morfologi, perilaku, dan jalur metabolisme biokimia di dalam tubuhnya untuk menyesuaikannya dengan lingkungan.Beberapa kondisi yang pada umumnya disesuaikan adalah suhu lingkungan, derajat keasaman (pH), dan kadar oksigen. Proses penyesuaian ini berlangsung dalam waktu yang cukup bervariasi tergantung dari jauhnya perbedaan kondisi antara lingkungan baru yang akan dihadapi, dapat berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu.
Tujuan dan manfaat makalah ini yaitu membantu manusia dalam menghadapi kemungkinan keadaan lingkungan yang buruk, membentuk ketahanan kondisi mental dan fisik atlet di lingkungan yang akan lakukan kegiatan, bisa mempelajari dan mencari ide dan metode yang efisien yang harus dilakukan. mengkompensasi tekanan dari kondisi iklim yang baru atau berbeda. Pengrtian aklimatisasi,bagaimana cara atlet menyesuaikan lingkungan dan kondisi iklim yang baru atau berbeda.bagaimana cara aklimatisasi yang efektif dan efisien. Bagaimana Usaha-Usaha Pencegahan Cedera Olahraga.
Aklimatisasi harus sipahami oleh para atlet dan para pelatih,seorang atlet harus memahami kondisi lingkungan ataukondisi cuaca sebelum bertanding agar dapat mempersiapkan diri dengan maksimal.Untuk pelatoh menguasai ilmu aklimatisasi sangat wajib dimiliki,dengan ilmu aklimatisasi seorang pelatih akn dapat menentukan porsi yang sesuai dengan keadaan lingkungan dan cuaca di sekitar sehingga seorang altet akan dengan mudah menerima apa yang telah disampaikan seorang pelatih.
Dalam aklimatisasi program latihan untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan sangat dibutuhkan sehingga tidak asal berlatih,apabila progarm latihan yang dilakukan sesuai maka seorang altet akan cepat beradaptasi dengan lingkungan dan akan mendapatkan hasil yang memuaskan tetapi sebaliknya apabila program tidak sesuai seorang atlet akan susah beradaptasi dengan lingkungan dan hasilnya juga kurang memuaskan.Di makalah ini terdapat beberapa cara untuk latihan aklimatisasi agar cepat dan tepat




BAB II
PEMBAHASAN

Pengertian Aklimatisasi
Aklimatisasi merupakan suatu upaya penyesuaian fisiologis atau adaptasi dari suatu organisme terhadap suatu lingkungan baru yang akan dimasukinya. Hal ini didasarkan pada kemampuan organisme untukdapat mengatur morfologi, perilaku, dan jalur metabolisme biokimia di dalam tubuhnya untuk menyesuaikannya dengan lingkungan.Beberapa kondisi yang pada umumnya disesuaikan adalah suhu lingkungan, derajat keasaman (pH), dan kadar oksigen.Proses penyesuaian ini berlangsung dalam waktu yang cukup bervariasi tergantung dari jauhnya perbedaan kondisi antara lingkungan baru yang akan dihadapi, dapat berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu.
Aklimatisasi adalah sistem pelatihan atletik dimana tubuh dipaksa untuk mengkompensasi tekanan dari kondisi iklim yang baru atau berbeda. Melalui kompensasi, tubuh mampu mentoleransi tekanan fisik seperti dengan cara yang lebih efisien, dan atlet biasanya akan mencapai kinerja fisik yang lebih baik. Toleransi dikembangkan untuk kondisi pelatihan tertentu umumnya akan menghasilkan hasil yang lebih baik kompetitif, dalam kompetisi di mana kondisi iklim yang ada pelatihan, serta di lingkungan atlet terbiasa.
Proses aklimatisasi dapat diterapkan pada banyak hal, seperti pada pendakian gunung.Hal ini biasanya dilakukan apabila seseorang ingin melakukan pendakian pada gunung yang memiliki puncak yang cukup tinggi, hingga ribuan meter di atas permukaan laut, seperti Gunung Everest.Beberapa hal utama yang harus disesuaikan antara lain adalah suhu dan kadar oksigen di udara karena pada dataran tinggi suhu lingkungan bisa jauh lebih rendah, demikian pula dengan kadar oksigennya yang menyebabkan tubuh harus memproduksi lebih banyak sel darah merah atau eritrosit. Contoh lain dari aklimatisasi ditemukan pada tanaman budi daya dan pada teknik kultur jaringan. Dalam teknik kultur jaringan, tanaman yang masih berada di dalam botol steril akan disiapkan untuk dipindahkan ke lingkungan aslinya, yaitu di tanah terbuka dengan kondisi lingkungan yang lebih tidak terkontrol.

Metode Aklimatisasi
Metode aklimatisasi terdiri dari dua jenis yaitu
a.Aklimatisasi Panas  
 aklimatisasi panas, kadang-kadang disebut secara umum sebagai pelatihan panas, adalah teknik diarahkan untuk meningkatkan kinerja atletik di iklim hangat. Proses aklimatisasi berbeda dari aklimatisasi panas. Aklimatisasi panas adalah proses dimana seorang atlet menjadi terbiasa dengan panas meningkat, selama 4 - sampai 14 hari periode. Aklimatisasi Panas adalah seluruh spektrum pelatihan panas, termasuk periode aklimatisasi awal serta jangka waktu yang mengarah ke kompetisi di mana praktik-praktik panas pelatihan akan dipekerjakan.
Pelatihan Panas adalah teknik umum yang digunakan dalam olahraga seperti lari maraton. Kemampuan peningkatan atlet untuk memerangi panas dan kelembaban yang menyertainya akan beruang hubungan yang vital untuk kinerja. Sebagai contoh, di mana atlet sudah terbiasa untuk hidup dan pelatihan di daerah beriklim sedang seperti Amerika Serikat atau Inggris barat laut, aklimatisasi cuaca yang panas akan menjadi penting jika atlet bersaing dalam lingkungan seperti ras September di California selatan. Pelatihan panas akan terikat erat dengan faktor yang sesuai dari dehidrasi, dan kemampuan atlet untuk mengisi cairan.
Kemampuan peningkatan atlet untuk memerangi panas dan kelembaban yang menyertainya akan beruang hubungan yang vital untuk kinerja. Sebagai contoh, di mana atlet sudah terbiasa untuk hidup dan pelatihan di daerah beriklim sedang seperti Amerika Serikat atau Inggris barat laut, aklimatisasi cuaca yang panas akan menjadi penting jika atlet bersaing dalam lingkungan seperti ras September di California selatan. Pelatihan panas akan terikat erat dengan faktor yang sesuai dari dehidrasi, dan kemampuan atlet untuk mengisi cairan.
            Tubuh manusia sangat mudah beradaptasi terhadap panas, dan kelembaban yang sesuai. Penyesuaian fisiologis utama akan dilakukan oleh seorang atlet terlatih dalam waktu 10 hingga 14 hari dimulainya pelatihan panas, sebagian besar atlet akan mencapai aklimatisasi sekitar 75% (didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan sampai 75% dari tingkat atas mereka) dalam waktu lima hari eksposur mereka ke iklim yang lebih hangat.
Program panas yang palingsukses akan mengikut ipelatihan progresi:

              Pelatihan volume dan intensitas pelatihan pada awalnya berkurang pada pajanan pertama atlet terhadap lingkungan yang panas.
 Kedua volume dan intensitas yang meningkat sebagai atlet mulai beradaptasi.
    Massa tubuh, tingkat hidrasi, dan indikator fisik lainnya harus dipantau melalui tahap pelatihan panas.
 Sangat hati-hati untuk memastikan hidrasi yang tepat atlet harus dipertahankan.
LIHAT JUGA kelelahan Panas, respon hormonal untuk berolahraga; Menjalankan latihan kekuatan dan latihan.
b.Aklimatisasi ketinggian
Karena ada beberapa aktivitas atletik yang dilombakan pada ketinggian tinggi (pengecualian termasuk mendaki gunung, ski alpine, dan peristiwa diperebutkan di Lokal dataran tinggi seperti Kota Meksiko, Meksiko, dan Denver, Colorado), aklimatisasi ketinggian, atau pelatihan ketinggian, tidak tidak mempersiapkan atlet untuk kompetisi ketinggian tinggi, begitu banyak seperti mengembangkan kemampuan seorang atlet untuk lebih memanfaatkan oksigen, yang membuat atlet lebih efektif dalam kompetisi tingkat laut. Para atlet yang melatih di ketinggian akan mengembangkan-selama periode satu sampai tiga bulan-kemampuan fisik yang lebih besar untuk memanfaatkan oksigen untuk kinerja di udara, tipis kurang oksigen kaya ketinggian tinggi, pernah dilatih, kapasitas untuk menghasilkan jumlah yang lebih besar dari sel darah merah akan tetap menjadi faktor untuk beberapa minggu, dalam jumlah yang terus menurun. Pelatihan Ketinggian digunakan oleh berbagai atlet, termasuk di olahraga di mana kapasitas aerobik sangat penting, seperti perenang dan pengendara sepeda.
Ketinggian aklimatisasi, atau pelatihan ketinggian, membantu tubuh atlet untuk lebih memanfaatkan oksigen. sebagai atlet dalam olahraga dimana sistem anaerobik tubuh adalah fokus, termasuk pelari dan atlet tim olahraga. Pelatihan Ketinggian rusak lebih lanjut ke dalam tiga jenis: "hidup tinggi / kereta tinggi," dimana atlet hidup keduanya dan kereta api di ketinggian; "hidup tinggi / kereta rendah," rezim tempat tinggal atlet di ketinggian, tapi kereta di permukaan laut, dan pelatihan tingkat laut, dimana lingkungan oksigen berkurang dari ketinggian yang lebih tinggi dapat direplikasi melalui sebuah rumah buatan dikonfigurasi atau pelatihan "tenda." Penelitian ilmiah yang luas tentang pelatihan ketinggian menegaskan bahwa ketiga metode akan meningkatkan kinerja permukaan laut. Pada pelatihan ketinggian dilakukan di 8.000 kaki (2.500 m), mengurangi tingkat oksigen memaksa tubuh untuk meningkatkan produksi sel darah merah, para agen untuk pengangkutan oksigen dalam aliran darah. Peningkatan produksi sel darah merah dipicu oleh rilis pada ginjal dari hormon erythropoietin (EPO). Ketinggian pelatihan akan meningkatkan kapasitas oksigen oleh antara 2% dan 3% dalam tiga bulan dimulainya, faktor yang signifikan dalam banyak olahraga. Manfaat ini akan hilang untuk atlet dalam waktu tiga bulan dari penyelesaian pelatihan ketinggian.

            Udara di ketinggian umumnya dikira sedang rendah oksigen tetapi ini tidak benar. Udara, di tingkat manapun, mengandung oksigen 20,93%, 0,03% karbon dioksida dan nitrogen 79,04%. Sebaliknya, seperti meningkatkan elevasi, oksigen memiliki tekanan parsial semakinrendah.Pada setiap titik di bumi, udara lebih yang berada di atas titik itu, semakin besar tekanan barometrik akan. Ini adalah prinsip yang sama seperti berada di bawah air. Semakin penyelam adalah lebih banyak air di atasnya ada dan semakin besar tekanan. Pada permukaan laut, udara memberikan tekanan sekitar 760mmHg. Pada puncak Gunung Everest, 8848m (29.028 kaki) di atas permukaan laut, udara hanya memberikan sebuah tekanan sekitar 231mmHg.Ingat bahwa setelah kita hirup, oksigen dalam alveoli (kantung udara kecil di paru-paru) lolos ke darah untuk diangkut ke jaringan. Ini pertukaran gas antara alveoli dan darah terjadi karena perbedaan tekanan disebut gradien tekanan. Para exerts oksigen tekanan dalam alveoli lebih besar dari tekanan oksigen dalam darah sekitar paru-paru. Hal ini mendorong oksigen dari paru ke dalam darah .Itu masuk akal kemudian bahwa setiap penurunan tekanan oksigen memasuki paru-paru akan mengurangi perbedaan tekanan atau gradien. Hasilnya kurang oksigen yang diusir dari paru-paru ke dalam darah. Pada ketinggian itulahyangterjadi.



Sistem Pernapasan Respon untuk Ketinggian
Meningkatkan laju pernapasan saat istirahat dan selama latihan. Sejumlah kecil molekul oksigen per jumlah udara tertentu berarti bahwa peningkatan ventilasi diperlukan untuk mengkonsumsi jumlah yang sama oksigen seperti pada permukaan laut .
Difusi oksigen berkurang. Pada pertukaran oksigen permukaan laut dari paru-paru ke darah adalah tanpa hambatan dan komponen pembawa oksigen darah, hemoglobin, adalah sekitar 98% jenuh dengan oksigen. Seperti meningkatkan ketinggian dan tekanan parsial oksigen di udara turun, demikian juga gradien tekanan antara oksigen di paru-paru dan darah. Hal ini mengurangi saturasi hemoglobin menjadi sekitar 90-92% pada 2439m (8000ft). Akibatnya, melewati kurang oksigen (berdifusi) dari paru ke darah .Gradien difusi pada jaringan yang aktif menurun. Sebagaimana disebutkan di atas, oksigen melewati dari paru ke darah karena gradien tekanan. Proses yang sama terjadi ketika oksigen kaya darah arteri mencapai jaringan aktif. Tekanan parsial oksigen dalam darah arteri adalah sekitar 100mmHg di permukaan laut. Dalam jaringan tubuh, itu adalah 40mmHg stabil
perbedaan atau gradien tekanan 60mmHg. Pada ketinggian 2439m (8000ft), tekanan oksigen arteri menurun hingga 60mmHg sehingga perbedaan atau gradien tekanan turun menjadi hanya 20mmHg - pengurangan 70%. Akibatnya, melewati kurang oksigen (berdifusi) dari darah ke jaringan.VO2 max penyerapan oksigen decreases.Maximal mulai menurun secara signifikan di atas ketinggian 1600m (5249ft). Untuk setiap 1000m (3281ft) di atas bahwa VO2 max turun sekitar 8-11%. Pada puncak Everest, sebuah laut rata-rata tingkat VO2 maks 62ml/kg/min dapat menurun ke 15ml/kgmin . Bagi individu dengan VO2 max permukaan laut kurang dari 50 ml/kg/menit tidak akan mampu bergerak seperti VO2 max mereka akan turun menjadi 5 ml/kg/menit cukup hanya untuk mendukung kebutuhan oksigen beristirahat .
Sistem Kardiovaskular Respon untuk Ketinggian

           
  Volume darah menurun. Volume plasma menurun hingga 25% dalam beberapa jam pertama dari paparan ketinggian dan doesnt dataran tinggi sampai setelah beberapa minggu. Ini adalah sebagian respon yang disengaja oleh tubuh sebagai mengurangi plasma (bagian cair dari darah) dalam efek meningkatkan kepadatan sel darah merah. Meskipun tidak ada sel darah merah ekstra telah diproduksi dalam fase akut, jumlah hemaglobin per unit darah (disebut hematokrit) sekarang meningkat sehingga dalam transportasi oksigen yang lebih besar untuk output jantung yang diberikan.

Aklimatisasi untuk Ketinggian
Diperlukan waktu sekitar dua minggu untuk beradaptasi dengan perubahan terkait dengan kondisi hypobaric di 2268m (7500ft), kira-kira bahwa Mexico City . Setiap 610m (2000ft) meningkatkan membutuhkan tambahan minggu aklimatisasi dengan ketinggian . Tetapi tidak peduli berapa lama kehidupan individu di ketinggian, mereka tidak pernah sepenuhnya mengkompensasi kekurangan oksigen dan tidak pernah mendapatkan kembali tingkat daya aerobik atau kinerja daya tahan mereka bisa di permukaan laut. Berikut adalah adaptasi besar terjadi dengan aklimatisasi untuk ketinggian.
Jumlah sel darah merah meningkat. Kekurangan oksigen merangsang pelepasan eritropoietin, hormon yang bertanggung jawab untuk produksi sel darah merah, dalam waktu 3 jam dan mencapai puncaknya setelah 24 hingga 48 jam . Konsentrasi sel darah merah dalam volume darah tertentu disebut hematokrit. Dalam penduduk permukaan laut, hematokrit adalah sekitar 45-48%. Dengan 6 paparan minggu untuk ketinggian 4540m (14895ft) tingkat ini dapat meningkat menjadi 59% . Paparan awal untuk menurunkan ketinggian volume plasma. Namun, hal ini mulai meningkat sedikit dengan jangka panjang untuk aklimatisasi ketinggian.
Ventilasi paru stabil. Namun tetap meningkat selama istirahat dan latihan dibandingkan dengan permukaan laut .
Cardiac output menurun submaximal. sementara meningkatkan output jantung submaximal dalam tahap akut, berikut aklimatisasi untuk ketinggian itu menurun hingga di bawah nilai-nilai permukaan laut. Hal ini terutama disebabkan oleh penurunan lebih lanjut volume stroke, yang mungkin terjadi sebagai perubahan dalam kapasitas pembawa oksigen darah mengambil beban dari hati .
Otot lintas berkurang luas penampang. Biopsi otot studi berikut 4 sampai 6 minggu pada ketinggian menunjukkan bahwa daerah serat lambat-kedutan-kedutan dan cepat menurun sebanyak 20-25%. Hal ini mengurangi daerah otot dengan 11-13%. Ini mungkin bahwa otot alam ini adalah karena hilangnya nafsu makan yang sering menyertai hidup di ketinggian.
Mempersiapkan Atlet di Ketingian
Bagaimana atlet yang tinggal di permukaan laut mempersiapkan diri untuk kompetisi di ketinggian?
Satu pendekatan adalah untuk berkompetisi dalam 24 jam kedatangan di ketinggian. Aklimatisasi tidak banyak yang akan terjadi, tetapi sebagian besar gejala klasik penyakit ketinggian tidak akan memiliki cukup waktu untuk terwujud. Setelah 24 jam awal, dehidrasi dan gangguan tidur menjadi lebih menonjol.
Sebuah pilihan alternatif adalah untuk melatih di dataran yang lebih tinggi selama minimal 2 minggu sebelum kompetisi. Meskipun aklimatisasi penuh untuk ketinggian membutuhkan 4 sampai 6 minggu, banyak dari adaptasi fisiologis terjadi pada 2 minggu pertama dan disturbancs lebih parah harus diselesaikan. Adalah penting untuk mengingat bahwa selama hari-hari awal pada kapasitas ketinggian kerja berkurang, sehingga atlet harus berlatih di 60-70% dari permukaan laut VO2 max dan membangun secara bertahap selama 10-14 hari.
Pendekatan ketiga adalah untuk mencurahkan persentase lebih besar dari waktu pelatihan di permukaan laut untuk beberapa minggu sebelum pelatihan ketahanan untuk kompetisi. Ini adalah strategi yang sering diadopsi dalam berbagai tim olahraga, membantu untuk meningkatkan VO2 max pemain 'ke puncak sehingga mereka dapat melakukan pada intensitas relatif lebih rendah tanpa kehilangan yang signifikan dalam kinerja.
Tidur di tenda ketinggian dan ruang hypobaric mungkin dapat memadai mensimulasikan efek dari ketinggian tetapi ini cenderung menjadi sangat mahal. Sayangnya, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa pengeluaran 1-2 jam per hari gas pernapasan hypobaric pada hasil permukaan laut di adaptasi sama dengan hidup di ketinggian.
Prinsip umum untuk teori yang mendasari panas dan aklimatisasi ketinggian adalah bahwa stres stres pasif dibandingkan aktif pada sistem tubuh. Pasif menekankan fitur-fitur dari lingkungan pelatihan yang berbeda yang akan berdampak atlet tanpa usaha khusus. Sebagai contoh, sehari-hari hidup di dataran tinggi atau di iklim hangat mengharuskan tubuh untuk beradaptasi dengan perubahan. Menekankan aktif pengenalan sengaja faktor pelatihan di lingkungan baru, seperti latihan dalam lingkungan yang baru. Sementara kedua jenis menekankan akan memberikan kontribusi pada proses aklimatisasi, panas tanpa latihan tidak akan efektif.

                             













TUGAS FISIOLOGI MANUSIA

AKLIMATISASI





DISUSUN OLEH:
                           WISNU PRATOMO
                                10601244196

FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
BAB III
KESIMPULAN

Aklimatisasi merupakan suatu upaya penyesuaian fisiologis atau adaptasi dari suatu organisme terhadap suatu lingkungan baru yang akan dimasukinya.Aklimatisasi adlah adftasi atau penyesuaian diri terhadap keadaan lingkungan baik ketinggian,iklim maupun cuaca di lingkungan.Dimana apabila seorang hidup di benua afrika yang memiliki suhu tinggi dan seseorang itu kemudian pergi ke eropa maka tubuh seseorang tersebut akan melakukan aklimatisasi terhadap suhu yang berada di eropa,begitu pula sebaliknya.selain itu apabila orang yang terbiasa hidup di dataran rendah kemudaian pergi ke dataran tinggi yang kadaroksigenya tipis pasti tubuh akan melaksanakan aklimatisasi untuk menyesuaikan tubuh.
Kelak kita akan menjadi seorang guru olahraga maka kita harus memahami aklimatisasi agar dalam mengajar kita dapat menyesuaikan suhu dan cuaca maka tidak akan mengganggu kesehatan siswa yang akan melaksanakan kegiatan olahraga.sebgai seorang guru olah raga kita juga dapat memberitahu kepada siswa agar tidak salah dalam menyesuaikan terhadap lingkungan.
Sebagai seorang pelatih,kita harus mampu memahami aklimatisasi agar dalam melatih kita dapt secara tepat dapat menentukan latihan yang seperti apa yang sesuai dengan lingkungan,misal saat berada di dataran tinggi seorang pelatih harus memberika latihan secara bertahap dan meningkat.
Sebagai seorang atlet aklimatisasi harus dipahami agar dalampersiapan pertandingan akan mendapatkan hasilyang maksimal,dengan mengetahui suhu dan iklimlingkungan seorang altet dapat cepat beradaptasi karena sudah tau apayang harus disiapkan untuk lingkungan tersebut.








DAFTAR PUSTAKA

http://www.faqs.org/sports-science/A-Ba-and-timeline/Acclimatization.html


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar